Cara Menghilangkan Selulit

Selulit adalah tekstur kulit yang bergelombang yang tampak seperti kulit jeruk karena adanya lemak yang terperangkap di bawah lapisan kulit. Mengapa bisa terperangkap? Ini disebabkan oleh lemak yang gagal dibuang oleh tubuh sehingga menggumpal dan menimbulkan kesan tidak rata. Selulit dialami oleh wanita dan pria. Tidak hanya yang mengalami kegemukan, selulit juga dapat dialami oleh orang yang kurus. Selulit umumnya terdapat di pantat/bokong, paha, perut, lengan atas, punggung bawah, pungung atas, dll.

Penyebab selulit adalah kegemukan, pola konsumsi makanan yang tidak sehat, kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol, dan kafein. Merokok juga dapat memicu timbulnya selulit karena berpotensi mengurangi kelenturan kulit. Toksin yang diperoleh akibat merokok dapat menyumbat pembuluh-pembuluh kapiler kulit sehingga darah yang penuh nutrisi bagi kulit tidak beredar dengan lancar. Stres dan kurang istirahat juga dapat memicu selulit. Ketegangan otot yang berkelanjutan menyebabkan tertutupnya kelenjar-kelenjar dalam kulit sehingga menghambat proses metabolisme kulit.

Sampai dimana stadium selulit Anda?
Stadium 1
Pada tahap ini selulit tidak dapat terdeteksi kecuali Anda mencubit bagian tubuh yang Anda rasa terdapat selulit. Selulit ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun, jika Anda ingin mengetahui apakah di bagian tubuh Anda terdapat selulit, Anda bisa mencoba cara ini. 

Cubit pada bagian yang menurut Anda terdapat selulit dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Dalam kondisi normal, maka permukaan kulit Anda akan terlihat halus, tanpa riak dan benjolan. Namun, jika dipermukaan kulit yang Anda cubit tadi terdapat riak dan benjolan yang menyerupai kulit jeruk, maka Anda memiliki selulit. 

Stadium 2
Dalam tahap ini, selulit dapat terlihat dalam posisi berdiri. Terjadi perubahan warna pada kulit yang mengalami selulit. Tak hanya itu, kulit juga menjadi lebih tebal pada fase ini. Pembuluh darah akan cenderung melemah dan hal ini mengakibatkan tekanan dalam jaringan dan membatasi sirkulasi cairan dan oksigen pada bagian tubuh yang terkena selulit. 

Stadium 3
Pada stadium 3, selulit terlihat lebih jelas dan bisa dilihat menggunakan mata telanjang. Selulit ini memiliki bentuk seperti permukaan keju cottage dan terdapat beberapa benjolan yang nampak di permukaan kulit. Di bawah lapisan kulit limfatik, lapisan lemak yang membengkak akan mendorong lapisan kulit terluar, sehingga menyebabkan riak yang mungkin terasa dingin ketika disentuh. Bahkan dalam kasus yang lebih parah, selulit ini memiliki serat dan riak yang lebih luas dan sakit ketika disentuh.

Cara Menghilangkan Selulit
-Perhatikan Nutrisi. Gempur dengan makanan ini

  1. Serelia berserat tinggi/whole grain.Karbohidrat kompleks seperti sereal manis, roti putih, bahkan nasi putih lebih cepat diubah menjadi glukosa sehingga menyebabkan insulin melonjak drastis. Lonjakan tersebut mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk menyimpan lemak alih-alih membakarnya. Akibatnya, semua lemak baru dan lemak yang berlebih membuat sel-sel penuh sehingga mendorong jaringan ikat lebih kuat daripada biasanya dan terlihat menggumpal. Karena itu, hindari mengonsumsi karbohidrat sulingan. Sebalinya, pilih produk wholegrain seperti beras merah, oatmeal, dan tepung jagung yang tidak akan membuat gula darah turun-naik dengan cepat. Untuk permulaan, ganti setengah dari enam porsi karbohidrat per hari dengan produk wholegrain. 
  2. Sayuran dan buah-buahan berwarna. Para ahli juga menganjurkan kita untuk minum jus dari bahan pangan berwarna hijau, seperti alpukat, mentimun, bayam, dan brokoli. Tambahkan apel agar terasa lebih manis. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan sumber pangan hijau dari sayuran seperti brokoli dan kembang kol, yang dapat membantu menyeimbangkan kadar estrogen hingga menyeimbangkan selulit. Vitamin C dalam sayur dan buah-buahan mampu membantu membakar hingga lebih dari 30% lemak selama berolahraga. Karena itu, pastikan Anda mendapat asupan vitamin C minimal 75 miligram setiap hari, terutama dari sayuran berwarna. Vitamin C juga berperan dalam mencegah kerusakan kolagen. Kolagen ini menopang kulit
  3. Banyak minum air putih dapat membantu tubuh melunturkan kotoran dan mengurangi retensi air sehingga dapat mengatasi selulit. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi 8/12 gelas air putih per hari. Jika tidak terlalu doyan minum, bantu mencukupi asupan cairan dengan mengonsumsi buah kaya air seperti apel, anggur, dan mentimun.

-Olah Raga Teratur
Hal ini menjaga kadar lemak di tubuh agar tetap rendah dan membantu menjaga kulit kuat dan kencang. Pastikan Anda berolahraga selama 30 sampai 40 menit, tiga sampai empat kali seminggu. Pastikan olahraga tersebut juga ada latihan kardiovaskularnya, seperti jalan cepat, lari, atau bersepeda, dan latihan beban, seperti angkat beban. Pilates dan yoga juga akan membantu, tapi jangan dijadikan ini sebagai satu-satunya olahraga Anda. Pusatkan tujuan pada bokong Anda dengan melakukan menerjang. Latihan ini termasuk yang paling top dikelasnya untuk membentuk bokong dan paha. Rahasianya terletak pada kenyataan bahwa gerakan ini membentuk paha dan bokong secara berkesinambungan. Beridirilah dengan kaki agak terbuka, tarik dalam perut ke dalam, dan terjangkan kaki (ambil langkah lebar). Saat kaki depan mendarat, tekuk lutu kaki tersebut sehingga pinggul Anda turun diantara kedua kaki dan lutut belakang Anda turun. Kemudian kembalilah ke posisi semula. Lakukan latihan ini sebanyak tiga set yang teridiri atas 15-20 kali gerakakn. Bergantuan antara kaki kiri dan kaki kanan. Terjangan statis, gerakan ini mirip sekali dengan gerakan diatas, satu-satunya perbedaan adalah begitu menerjang ke depan, Anda mempertahankan posisi dan bergerak ke atas dan kebawah dalam gerakan vertical. Turunlah sampai lutut berada beberapa sentimeter diatas lantai lalu naik lagi. Lakukan latihan ini sebanyak tiga set yang terdiri atas 15-20 kali gerakan pada masing-masing kaki.

-Pemijatan.
Pijat dapat mereflesikan urat syaraf dan otot – otot terutama pada sekitar kaki, betis dan paha agar tidak menegang. Pijat juga dapat membantu anda untuk mengatasi selulit. Pijat dapat memperlancar sirkulasi darah, dan menghancurkan tumpukan lemak dalam tubuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s